Minggu, 08 Mei 2011

Bersihkan Komputer dari Virus secara Manual


Ada g sih cara membasmi virus lokal tampa menggunakan sofeware atau anti virus? Berikut ada cara manual yang mungkin bisa membantu tuk mengurangi penyebaran virus pada Komputer….
1. Nyalakan Komputer mu….
2. Non-aktifkan virus di startup. Ini dilakukan agar virus tidak terloading ke memori, sehingga kita perlu membuangnya di startup. Caranya, kita bisa menggunakan perintah “msconfig”, klik menu [Start] > [Run] > ketik “msconfig”. Setelah itu akan tampil “System Configuration Utility”. Lalu pilihlah [Startup], jika bingung mana virus dan mana yang bukan, pilih [Disable All]. Lalu aktifkan kembali startup yang diinginkan (jika virus sudah bersih). Namun bila kita mengetahui file yang dianggap virus, sebaiknya membuang tanda check list pada kotak bagian kiri untuk file yang dicurigai sebagai virus. Cara ini akan menonaktifkan virus di startup.
3. Pada pilihan Folder Options aktifkan “show hidden files and folders” dan non-aktifkan “Hide extensions for known file types”,
4. Dari [Star] >[Search] lalu pilih “all files and folders” kemudian ketik nama virus yang ingin dibasmi (misalnya bulubebek .exe, nadia saphira.exe dll) yang sebelumnya loading di memori atau startup. File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari Windows. Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut. Jika ada file yang tidak bisa dihapus, cari file apa yang tidak bisa dihentikan, kemudian cari prosesnya menggunakan proses explorer dan kill prosesnya.
5. Hapus virus dari System Registry. Ini adalah tahap terakhir, kita perlu menggunakan perintan “Regedit” untuk mengubah dan men-delete virus dari registry kita. Pilihlah [Start] > [Run] > [Regedit], lalu di menu [Edit], pilihlah [Find] (tekan Ctrl + F). masukkan nama file virus yang ingin dihapus (contohnya:bulubebek.exe, dll.), lalu pilih [Find Next]. Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut berikut foldernya (kalau ada).
6. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol [F3] atau di menu pilih [Edit] terus [Find Next]. Biasanya file virus diletakkan di beberapa tempat registry, jangan sampai ada yang terlewatkan agar registry komputer terbebas dari loading virus tersebut. Sebab jika tidak, pekerjaan ini akan sia-sia.

Selamat mencoba ya….!:'' sumber ( askar)

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz