Minggu, 08 Mei 2011

Dosa-Dosa Besar:Membuka Rahasia Seorang Muslim

2979384632958l 218x300 Dosa Dosa Besar:Membuka Rahasia Seorang Muslim
Di dalam kehidupan kita sehari-hari, manusia sering tidak menyadari bahwa ia telah melakukan dosa besar. Kebanyakan manusia hanya mengentahui bahwa yang termasuk dosa besar itu hanay tiga macam saja, yaitu menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua dan bersumpah palsu. Mereka tidak mengetahui bahwa, di luar it umasih bnayak sekali perbuatan yang termasuk dosa besar. Salah satu dari sekian banyak tersebut adalah Membuka / Orang islam.
.
Seroang membuka kejelekan seseorang Islam, yang kejelekannya itu menjadi rahasia dirinya, maka perbuatan seperti ini adalah dosa. Dan yang dimaksud dengan rahasia pribadi disini ialah kelemahan-kelemahan pribadi yang ia malu diketahui orang lain, tetapi tidak merugikan umat
.
Contoh: Seseorang yang dipandang oleh orang banyak taat dan patuh kepada Allah, tidak banyak berbicara, dan tidak pula dikenal sebagai juru . Tetapi ternyata bila ia sendirian ia minum minuman keras. Perbuatan seperti ini dapat dikatakan sebagai rahasia pribadinya. Jika ada yang tahun perbuatan ini, maka ia tidak boleh menyebarluaskan kepada orang lain. Tetapi jika orang yang banyak mengajak kebaikan, sedangkan di kala sendirian minum minuman keras, maka menyebarkan kejahatan orang ini kepada umat bukan termasuk berbuat membuka rahasia. sebab orang tersebut sebenarnya adalah pengecoh umat, sehingga setiap orang berhak membongkar kejahatannya terhadap umat ini.
.
Tentang menyiarkan atau membuka rahasia yang tidak patut diketahu orang banyak Allah firmankan dalam surat An Nur ayat 19
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yan gingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang beriman bagi mereka azab yagn pedih di dunia dan di akhirat dan Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”
Kekejian yang dimaksud pada ayat ini ialah suatu perbuatan dosa, dan satu perbuatan dosa tidak boleh disiarkan di tengah-tengah masyarakat mukmin. Bahkan Rasulullah menyururh kita agar merahasiakan rahasia seorang mukmin yang kita ketahui. Hadis Riwayat Muslim menyebutkan:
Artinya:”Barangsiapa menutupi rahasia saudaranya maka Allah akan menutupi rahasianya pada hari kiamat”
Hadis ini menjanjikan adanya suatu balasan di akhirat kepada orang yang mau menutupi rahasia orang Islam. Balasan itu berpua diampuni dosanya oleh Allah.
Disarikan dari buku: 70 Dosa Besar, oleh Drs. M. Thalib. Penerbit Gema Risalah Press.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz