Sabtu, 21 Mei 2011

Ini Dia Makanan yang Bisa Memicu Sakit Kepala

ImageSeperti yang kita ketahui sakit kepala merupakan masalah umum yang bisa menimpa siapa sajadari segala usia dan lapisan masyarakat. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit kepala, seperti gaya hidup, faktor cuaca ataupun makanan. Makanan apa saja yang bisa bikin sakit kepala?
Lebih dari 100 juta orang menderita berbagai jenis sakit kepala kronis. Ada berbagai jenis penyebab mengapa orang mengalami sakit kepala, seperti stres, sakit dan alergi. Tetapi pada banyak pasien, makan makanan tertentu juga dapat menyebabkan sakit kepala.
Berikut beberapa makanan yang bisa memicu sakit kepala, seperti dilansir Lifemojo, Jumat (13/5/2011):
1. Keju
Keju mengandung asam amino yang disebut tyramine, yang telah dikaitkan dengan berbagai jenis sakit kepala, terutama migrain. Tyramine terbentuk dari pemecahan protein dalam makanan tertentu. Umumnya, semakin tinggi usia protein makanan, semakin besar konten tyramine.
Karena variasi dalam pengolahan, fermentasi atau penuaan keju yang berbeda, jumlah tyramine mungkin berbeda pada setiap keju. Makanan lain yang tinggi tyramine adalah anggur merah, ikan asap, daging olahan, acar, kacang tertentu seperti lima, alpukat dan kacang-kacangan.
2. Makanan yang mengandung nitrit atau aditif nitrat
Aditif seperti natrium nitrit atau natrium nitrat digunakan sebagai pengawet, pewarna dan aroma dalam makanan seperti hot dog, bacon, salami, sosis dan daging olahan lainnya.
Aditif ini dapat melebarkan pembuluh darah menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Sakit kepala disebabkan oleh aditif biasanya dirasakan di kedua sisi kepala.
3. Makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG)
Monosodium glutamat adalah aditif makanan atau penambah rasa yang ditemukan di kecap, pelunak daging dan banyak makanan kemasan. Sakit kepala yang disebabkan oleh MSG dapat terjadi dalam waktu 20 sampai 30 menit setelah dikonsumsi dan dapat menimbulkan gejala seperti tekanan di dada, pusing, sakit kepala di bagian depan atau sisi kepala, perut tidak nyaman atau sensasi terbakar di leher, dada atau bahu.
4. Makanan dingin
Makan atau minum sesuatu yang terlalu dingin dapat menyebabkan sakit kepala yang biasanya berlangsung selama kurang dari lima menit. Sebelumnya juga dikenal sebagai ‘pembekuan otak’ atau sakit kepala es krim. Rasa sakit pada sakit kepala jenis ini biasanya dirasakan di tengah dahi.
Lebih dari 90 persen penderita migrain melaporkan kepekaan terhadap es krim dan perlu berhati-hati dengan makanan dan minuman yang dingin.
5. Makanan lain
Beberapa penderita sakit kepala juga melaporkan makanan lain yang dapat memicu sakit kepala, seperti bawang, pisang, buah jeruk, cokelat, aspartam dan pemanis buatan lainnya. (detik)

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz