Sabtu, 07 Mei 2011

Pengetahuan Nan Ampek

1. Tahu Pada Diri
Artinya seseorang harus mengetahui akan hakekat dirinya sendiri sebagai manusia yang mempunyai raso jo pareso serta malu jo sopan. Adat mengatakan tahu pada diri artinya mencari raso jo pareso, ditimbang sakik jo sanang, lamak dek awak, katuju dek urang, sakik dek awak, sakik dek urang, apo nan tumbuah rangkuah tungguah ka dado.
2. Tahu Pada Urang
Artinya setiap kita dalam hidup bermasyarakat harus mengetahui bahwa setiap manusia tidak ada yang sama sifatnya karena tiap-tiap manusia mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Adat mengatakan tahu pado urang artinya, tahu pado urang diliek kurenonyo, ibarat urang mamapeh ikan, lain lubuak lain ikannya, alam pun babagai coraknyo, hitam jo putiah tinggi jo randah, indak buliah disamo ratokan sajo.

3. Tahu Pado Tuhan

Artinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan kita harus mengetahui akan zat yang menciptakan kita. Tentang ini adat mengatakan tahu pado Tuhan artinya tahu pada perbuatan dan sifat Tuhan, dikaji sifat yang wajib dan mustahil, dikaji sariat jo hakikat, dikaji tarikat jo makrifatnyo.
4. Tahu Pado Alam
Artinya seseorang dalam hidup bermasyarakat harus mengetahui tentang alam, sifat serta ketentuan ketentuan, dan bisa membaca fenomena alam seperti pepatah minang, alam takambang jadi guru.:''

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz