Senin, 08 Oktober 2012

Tempat Wisata Di Sumatra Barat

Salamu'alaikum wr wb'' Tiap Negeri tentu ada objek wisata nya masing-masing, tempat kita bersantai menikmati alam yang indah maha karya sang pencipta, Nah tidak ketinggalan di sumatra barat pun ada objek wisata yang ramai di kunjungi dari penduduk lokal hingga mancanegara.
Berikut Rangkuman singkat Objek Wisata Di Sumatra Barat yang dapat Mc Sungguh kan kepada sahabat pengunjung MAHKOTA CAHAYA.


1. Danau Singkarak.
Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di sekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan/perahu, boat dan hotel. Tersedia juga fasilitas kendaraan untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah yang siap anda nikmati.


2. Danau Maninjau.
Merupakan danau yang cukup indah dan menarik yang terletak lebih kurang 36 km dari Kota Bukittinggi, dapat ditempuh dengan melewati jalan berkelok-kelok atau berliku-liku yang dikenal dengan sebutan kelok 44 (kelok ampek-ampek). Di danau ini tersedia fasilitas untuk berenang, memancing, sepeda air yang cukup mengasyikan serta terdapat juga hotel dan homestay yang cukup representative.


3.Danau Di Atas dan Di Bawah
Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kuranglebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Keunikan dari danau kembar tersebut adalah untuk menuju Danau Di atas, kita harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kita harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang serta hamparan pepohonan nan liar.


4. Jam Gadang
Jam Gadang atau di sebut juga jam besar dalam arti kata bahasa indonesia, merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas rumah gadang Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker.
Dari puncak menara kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Hal yang unik pada Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis.


5. Anai Resort Golf Course
Anai Resort terletak 550 m di atas permukaan laut. Merupakan Golf Course terbaik di Sumatera Barat yang berstatus Internasional dengan 18 hole, dirancang oleh Designer Lapangan Golf International Thomas dan Perret.Berbagai fasilitas terdapat di lokasi bungalow seperti kolam renang alami dan restoran.


6. Embun Pagi
Sebelum mencapai Danau Maninjau kita akan berhenti sejenak di Embun Pagi di desa Padang Gelanggang 24 kilo meter dari Bukittinggi untuk menikmati udara yang sejuk dan nyaman sambil memandang keindahan Danau Maninjau dengan airnya yang membiru serta dikelilingi oleh bukit-bukit yang menghijau.


7. Ngalau Indah
Dua km sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi kita akan sampai ke sebuah gua alam dengan stalagnit dan stalagmit pada langit-langit gua yang cukup menarik. Di dalam gua ini kita akan mendengar suara kelelawar yang berterbangan di sekitar kita dan merasakannya tanpa dapat melihatnya. Di luar gua ini kita akan menikmati taman dengan pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan dan keindahan alam.


8. Istana Pagaruyung.
Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.
Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada disana merupakan replika dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.


9. Lembah Harau
Merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 sampai 150 m yang terletak 14 kmdari Payakumbuh. Disini juga ditemui lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat inijuga tersedia fasilitas untuk berkemah bagi wisata remaja dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalansetapak. Direncanakan cagar alam ini akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.


10. Pulau Sikuai
Pulau Sikuai, salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Selain menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing juga dapat dilakukan oleh pengunjung yangsenang petualangan alam.


11. Kawasan Bukit Langkisau
Bukit Langkisau memiliki ketinggian 1.000 kaki yang terletak antara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan. Selain dapat menikmati pemandangan yang memukau ke laut lepas, kawasan bukit langkisau juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga terbang layang dengan lokasi pendaratan di pantai Carocok atau pantai Salido.



12. Jembatan Akar.
Terletak sekitar 30 menit dari Painan,tepat nya di pasar baru bayang, jika anda dari padang menempuh jalur darat terutama jalur pesisir selatan sumbar maka anda akan menyaksikan alam yang elok rupa yang siap memanjakan mata anda,Jembatan Akar merupakan salah satu objek wisata paling unik di pesisir selatan. Jembatan hidup yang melintasi sungai Bayang ini terbuat dari akar dua bohon beringin yang saling bertautan. Berbeda dengan jembatan pada umumnya yang semakin lama semakin lemah, jembatan akar dengan bertambah usianya pohon beringin semakin bertambah kuat. Konon jembatan ini di desain oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan pada awal 1900 an.


13.Air Terjun Bayang Sani.
Air Terjun Bayang Sani ini terletak 2-3km sebelum Objek Wisata Jembatan Akar, Air Terjun ini terletak di Desa Koto Baru ,Dari Padang lebih kurang 1,5jam perjalanan kendaraan roda empat.
Menurut ceritanya Air terjun ini terdiri dari lima tingkat, tetapi yang bisa dicapai dan biasa dikunjungi hanya sampai tingkat ke tiga. Air terjun ini sangat ramai dikunjungi saat acara balimau sebelum bulan Ramadhan datang, dan lokasi ini biasanya juga dijadikan tempat perkemahan oleh para pemuda, pelajar ataupun mahasiswa yang ingin melakukan wisata alam.
Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memang sudah sangat terkenal sejak dahulunya. Pada zaman penjajahan Belanda, Air terjun Bayang Sani ini menjadi tempat mandi-mandinya menir-menir dan nona-nona Belanda. Saking takjubnya merek pada air terjun ini, maka mereka setiap datang selalu merasa WELL COME dan mereka menamakan Objek Wisata ini Well Come. Oleh masyarakat kampung Koto Baru, nama Well Come tersebut beradaptasi dengan pengucapan mereka sehari-hari menjadi Walikum. Air Terjun ini mirip dengan ekor kuda dan nama yang sangat populer dimasyarakat sampai dekade 80-an adalah Tarasah Ikua Kudo = Air Terjun Ekor Kuda ataupun Walikum . Di tahun 80-an ada beberapa nama daerah yang mengalami perubahan di daerah Sumatera Barat, termasuk Tarasah Ikua Kudo atau walikum ini menjadi Air Terjun Bayang Sani (Sani ini sendiri adalah salah satu nama komandan ABRI masuk desa saat itu, nama beliau dilekatkan ke Air Terjun ini sebagai tanda terima kasih masyarakat setempat karena ABRI sudah membantu membuat pipanisasi air bersih ke rumah-rumah penduduk yang diambil dari lokasi tingkat 2 Air terjun ini.
Air Terjun Bayang Sani ini salah satu Air Terjun terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan.
Air terjun Bayang sani tingkat pertama adalah air terjun yang menyambut para wisatawan saat baru sampai di lokasi. Pada air terjun tingkat pertama ini ketinggiannya hampir 80 meter,terdiri dari tiga cabang air terjun yang meliuk-liuk diatas bebatuan cadas tempat air itu mengalir. Dibawah air terjun ini ada lubuk yang telah dibuatkan kolamnya untuk tempat mandi-mandi.
Air terjun tingkat kedua hanya berupa air terjun yang tingginya sekitar 1meter, dan sebagian pengunjung tidak menyadari kalau ini sebenarnya tingkat kedua dan dilokasi ini ada bak penampungan untuk penyaluran air bersih ke rumah-rumah penduduk. Untuk mencapai tempat ini kita harus menyusuri bukit perkebunana karet penduduk sekitar 300meter dari tingkat pertama. Kira-kira 100meter naik lagi dari sini akan ditemukan Air Terjun tingkat ketiga. Air Terjun ini berdiri tegak dan hanya satu dengan ketinggian kira-kira 25meter. Udara disini agak lembab, karena ditutupi oleh dedaunan tumbuhan hutan yang rimbun. Pada air terjun ini air dilubuknya berwarna kehijauan pertanda dalam,yang indah pada air terjun ini adalah dilubuknya yang dalam itu terdapat batu-batu besar yang menyembul ke permukaan layaknya karang ditengah lautan.


14.Pantai Carocok Painan
Sumatera Barat, satu provinsi di pesisir pantai Barat Sumatera memang identik dengan sejumlah objek wisata pantai. Hampir seluruh kabupaten di sepanjang pantai tersebut, memiliki pantai yang indah mempesona serta punya keunikan tersendiri. Satu di antaranya adalah Pantai Carocok, terdapat di Painan, Kabupaten Pesisis Selatan.
Jika Anda Dari Padang, menuju ke Pantai Carocok di Painan Jarak Kurang Lebih 60 Kilo meter,

Dan masih banyak lagi tempat wisata lokal lainya seperti Pantai ''Air Manis''yang terkenal dengan Malin Kundang itu, ''Gua Jepang'' Rumah Gadang Mande Rubiah Di Lunang'' dan semua bernilai sejarah-sejarah yang abadi yang masih terpendam di dalam negeri, Sekian Saja Semoga Info Wisata Ini Bermanfaat Bagi Sahabat Mahkota Cahaya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal..
kunjungi kami untuk melakukan wisata Pesisir Selatan
terima kasih

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz