Senin, 14 November 2011

Dasyatnya Padang Masyar(Bag 1)


Allah Kami ingin menukil data-data dari kitab suci Al-Quranul Karim dan hadits-hadits Baginda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh para ulama shalihin Ahlussunnah wal Jama`ah, tentang sebagian kecil dari dahsyatnya padang mahsyar dan siksaan neraka yang merupakan wujud nyata dari kemurkaan Allah SWT kepada orang-orang yang durhaka dan menentang ajaran Rasul-Nya. Kami mulai dari Alam Barzah(alam kubur) yang mana setiap orang dipastikan akan mengalaminya.

Diriwayatkan dalam kitab “Sabilul Iddikar” Lil Imam Quthbil Irsyad Al-Habib `Abdullah bin Alwi Al-Haddad ra halaman 67, bahwa orang yang meninggal dunia ruhnya masih tetap hidup, ada yang bahagia dan ada yang tersiksa sesuai amal perbuatannya masing-masing, Baginda Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya alam kubur adakalanya menjadi taman dari taman surga dan adakalanya menjadi jurang dari siksa neraka”.
Dalam kitab Ihya `Ulumuddin, lil Imam Hujjatul Islam, Abu Hamid Al Ghazali, juz 4/478 diterangkan bahwa:
”Orang yang berbahagia dialam kubur, akan lebih berbahagia lagi pada saat ditunjukkan tempat tinggalnya nanti di surga dan orang-orang yang tersiksa dialam kubur akan lebih tersiksa lagi pada saat ditunjukkan tempat tinggalnya di neraka”.
Sesungguhnya kebanyakan siksa kubur karena tiga perkara, yaitu :Ghibbah (membicarakan keburukan orang lain), Namimah (Mengadu Domba) dan kurang bersih dalm membersihkan kencing.
Nabi SAW selalu memperbanyak memohon perlindungan dari siksa kubur dan beliau SAW menganjurkan dibaca dalam doa setelah bacaan tasyahud setelah shalat dan pada bacaan pagi dan petang karena adzab kubur dan kenikmatannya merupakan perkara yang nyata. Kenikmatan dalam kubur diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan taat kepada Allah SWT, sedangkan siksa kubur diperuntukkan bagi orang-orang kafir, munafik dan suka berbuat maksiat, masing-masing dari kedua golongan iniberbeda-beda dalam mendapatkan kenikmatan dan sikasa sesuai tingkatan amal perbuatan mereka didunia, baik itu perbuatan yang membuahkan pahala dan kenikmatan atau yang membuahkan hukuman dan siksaan.
Diantara perkara yang Allah jadikan perisai dan manfaat bagi seorang mayit dalam kubur adalah berdoa untuknya, memohon ampun dan bersedekah atasnya. Nabi SAW bersabda : kalau bukan karena orang-orang yang masih hidup, pasti celakalah orang-orang yang telah mati. Karena orang-orang yang telah meninggal dunia mendapat kiriman doa, istighfar dan permohonan rahmat untuk mereka dari orang yang masih hidup.
Hadiah yang paling besar berkah dan manfaatnya untuk orang mati adalah bacaan Al Qur`an yang dihadiahkan pahalanya kepada mereka. Hal semacam ini telah dilakukan oleh umat islam berabad-abad yang lalu dan di berbagai tempat, para ulama salaf dan khalaf telah menganjurkan dan ada beberapa hadits yang menyebutkannya. Oleh karena itu janganlah lupa mendoakan, membacakan istighfar dan bersedekah untuk orang yang telah meninggal hingga kelak setelah ia mati ia tidak akan dilupakan oleh orang-orang setelahnya dan menjadi seperti orang-orang yang sebelumnya, karena orang yang mengingat ia akan diingat dan yang melupakan akan dilupakan, perbuatan baik bagaikan hutang dan Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik.
Ketahuilah, bahwa berziarah kubur merupakan perkara yang dianjurkan dan Rasulullah SAW telah mengizinkan setelah sebelumnya beliau SAW melarang hal ini, Nabi SAW bersabda :
“Ziarahlah kubur, karena ia dapat mengingatkan akan kematian”.
Nabi SAW bersabda :
“ Dahulu aku melarang kalian berziarah kubur, sekarang berziarahlah, karena sesungguhnya ia dapat menimbulkan rasa zuhud sisunia dan mengingatkan kalian pada akhirat”.
Nabi SAW bersabda:
“Tak seorangpun yang menziarahi kubur saudaranya dan duduk didekatnya melainkan ia akan merasa senang kepadanya dan ruhnya dikembalikan kepadanya sampai orang itu bangun dari tempat itu”.
Nabi SAW bersabda:
“Yang paling menyenangkan mayit dalm kuburnya adalah bila ia dikunjungi oleh orang yang ia cintai semasa hidupnya”.
Wallahu A`lam
Bersambung

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz