Jumat, 09 Maret 2012

Pemandangan Indah di Pesisir Selatan (Sumbar)


Mahkota Cahaya : Pemandangan Indah Di Pesisir Selatan


Salamu'alaikum Sahabat mc kali ini Mc akan Lebih banyak memposting tentang hal daerah di sekitar kita,Inilah daerah kampung halaman Admin, semoga saja sahabat mc tertarik untuk menyimak barang sesaat  langsung saja ini dia  yang Menarik di kabupaten pesisir selatan/sumbar, lumayan jauh sih dari kampung halaman Mc.


                                                            Pantai Carocok Painan
                                                        '' Pulau Cubadak Dari kajauhan''
                                               ''Pulau Cubadak yang elok lagi nyaman lho disini''.


Jembatan ini disebut jembatan akar karena terbuat dari dua akar pohon dalam bentuk kecil di atas sungai alam. Jembatan ini terletak 70 km selatan Padang
Jembatan ini adalah berjalan kaki dari pantai di arah setelah melewati teluk bayur Painan, perjalanan, memutar beberapa bukit dan turun ke pantai lagi setelah belokan sungai. Di jalan panjang dan jembatan penyeberangan di tengah warga untuk menyeberangi sungai, sungguh mengesankan.
Selain itu, yang unik lain adalah bertambah kuatnya jembatan seiring dengan bertambahnya usia jembatan. Hal ini berbeda dengan hari-hari biasa jembatan akan semakin rentan. Dengan panjang 25 meter, jembatan akar lebih panjang dari jembatan akar di Badui, Jawa Barat dan jembatan akar yang ada di Jepang. Jembatan Akar diperkirakan memiliki sekitar 100 tahun.
Jembatan ini dibangun dengan merangkai akar dari dua jenis pohon, yang masing-masing tumbuh di kedua sisi sungai. Kubang pohon jenis pohon (ficus sp) yang biasanya tumbuh di sekitar akar sungai di mana jembatan tersebut dibangun. Yang mengatakan, jembatan itu dirancang oleh seorang sarjana bernama Pakih Sokan.
Pembangunan jembatan sebagai bagian dari upaya untuk menghubungkan dua desa yang dipisahkan oleh sungai. Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 1890 dan dapat digunakan oleh penduduk setempat pada tahun 1916. Dengan kata lain, merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu kurang dari 26 tahun. (Lihat Juga Jembatan Akar di India) Sightseein, semoga ini membantu untuk lebih mengenal negeri sendiri.''






Painan

PAINAN - Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten dalam wilayah propinsi Sumatra Barat. Daerahnya membujur dari barat laut ke tenggara. Pesisir Selatan terkenal dengan keindahan alamnya, selain pantainya yang membujur di sebelah barat. Di pesisir dipenuhi pula bukit terjal serta hutan menghijau di sebelah timurnya.
Salah satu pemandangan alamnya yang sangat mempesona adalah Bukit Langkisau Painan. Painan adalah ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, terletak di pinggir pantai Samudera Indonesia.
Langkisau adalah nama sebuah bukit yang terletak di sebelah utara Kota Painan, ibu kabupaten Pesisir Selatan. Jaraknya dari Kota Padang, sekitar 75 Km atau dengan jarak tempuh lebih kurang dua jam naik kendaraan.
Bukit tersebut bagaikan sebuah dinding yang membatasi Painan dengan tetangganya, Salido, di sebelah utaranya. Bukit tersebut menghadap ke Samudra Indonesia.
Dari ketinggian puncak Langkisau Anda bebas memandang ke semua arah penjuru angin. Ke arah tenggaranya Anda akan menyaksikan Painan dengan bangunannya yang tersusun rapi seperti menyaksikan dari atas pesawat yang mau landing.
Ke arah utaranya Anda dapat menyaksikan negeri Salido dengan pantainya yang landai berhias pasir putih dan hamparan pesawahan serta bebukitan di sebelah timur negeri itu. Ke arah baratnya Anda dapat menyaksikan keindahan laut Painan dengan Pantai Carocok serta gugusan pulau yang indah mempesona serta perahu nelayan yang sibuk mengais rezeki baik siang maupun malam harinya. Sedangkan ke arah selatan Anda akan menyaksikan jalan-jalan berliku menelusuri bebukitan hijau yang menghadap ke laut lepas. Jalan tersebut adalah satu-satunya akses menuju ke kawasan selatan daerah Pesisir yang cukup panjang itu.
Di Bukit Langkisau juga terdapat beberapa vila yang menghadap ke laut yang menambah indah nya bukit Painan itu. Di puncak yang paling atas terdapat hamparan yang digunakan untuk olah raga paralayang. Para atlet paralayang itu biasanya start dari puncak Langkisau dan finishnya di pantai. Setelah melayang-layang beberapa menit di atas laut pantai si "anak Salido" itu.
Berwisata ke Painan rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mampir di Pantai Carocok. Untuk menuju Carocok Anda dapat lakukan sebelum atau sesudah naik ke bukit Langkisau. Jika Anda masuk dari depan tugu Ilyas Ya'kub, Pahlawan Perintis Kemerdekaan asal Pesisir Selatan, sebelum naik ke Bukit Langkisau (ke kanan), jika diteruskan ke kiri, maka Anda akan sampai di Pantai Carocok nan indah itu.
Menjelang pulang meniggalkan Painan Anda akan melewati tanjakan kecil di kawasan Bukit Putus. Bila musim durian tiba Anda akan dapat membeli dan menikmati buah durian Bukit Putus yang terkenal lezat dan kamek itu.
Setelah meninggalkan Painan menuju arah ke Padang, sekitar 3 KM dari terminal Sago, Anda juga akan melewati Selayang Pandang, sebuah panorama alam yang menghadap ke Samudera Indonesia.
Dari sana Anda juga akan menyaksikan gugusan pulau-pulau yang berdiri kokoh di tengah laut serta jajaran bukit barisan yang menghijau ke arah selatannya, seakan-akan mendidingi laut Pesisir itu.
Silahkan mengisi masa liburan Anda berwisata ke Pesisir Selatan. Untuk menghabiskan waktu hanya satu hari Anda sudah dapat mengunjungi lima objek wisata sekaligus (5 in 1). Yakni Jambatan Aka, Bayang Sani, Selayang Pandang, Bukit Langkisau dan Pantai Carocok.
Nah jika Anda menggunakan masa liburan bersama keluarga dan anak-anak, perhatikanlah pesan-pesan berikut:  nih ada pantun nya tapi berbahasa daerah lho"Langkisau bukit Painan, Salido batambang ameh, Hati risau baoklah bajalan, Nak ilang galau jo cameh". Nak dua pantun sairiang, "Baralek urang di Painan, Rang Bayang pai ka Lumpo, Nak salamaek tuan di jalan, Sumbayang jan sampai lupo".

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda,Kritik Dan Saranya Sangat Ber Arti

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. MAHKOTA CAHAYA - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz